Cari Blog Ini

Minggu, 27 Juni 2010

Cara-cara menstem senar gitar

Sebelum bermain gitar terlebih dahulu senar-senar yang berada dalam gitar harus distem. Sebab kalau tidak distem dahulu suaranya akan tidak karuan. Mungkin peristiwa itu akan ditertawakan oleh orang bayak yang mendengarkannya.

Oleh karena itu menstem gitar adalah bagian yang penting dalam bermain gitar. Yakni antara senar yang satu dengan senar yang lainnya supaya setem sehingga enak didengar.

Banyak cara untuk menstem gitar, diantaranya adalah:

Dengan mempergunakan pendengaran.

Dengan cara menyamakan senar-senar gitar secara langsung dengan alat-alat music lain misalnya dengan menggunakan tuts piano atau organ.

Dengan menggunakan garpu tala.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut kita dapat menstem gitar. Di bawah ini merupakan cara stem dengan pendengaran.

1. Pertama tama putarlah senar nomor satu pelan-pelan dan jangan terlalu kencang sebab senar nomor satu paling lemah dan mudah putus.

2. Kemudian petiklah senar nomor satu los senar (tanpa ditekan) disamakan dengan senar, 2 ditekan pada kolom 5 dibunyikan sehingga kedua suara tersebut benar-benar sama. Ringkasnya : suara senar 1 (los senar) dibunyikan suara harus sama dengan suara senar dua ditekan pada kolom 5 dipetik.

3. Selanjutnya untuk senar dua (los senar) . disamakan dengan senar 3 pada kolom 4 dipetik suara yang terdengar adalah suara B.

4. Senar 3 (los senar) bunyinya disamakan dengan senar 4 ditekan pada kolom 5 dpetik. Suara yang terdengar adalah suara D.

5. Senar 5 (los senar) bunyinya disamakan dengan senar 6 ditekan pada kolom 5 dipetik.

6. Senar 6 (los senar) bunyinya disamakan dengan senar 4 ditekan pada kolom dua (2) dipetik

Suara yang kita dengar adalah suara bernada E.

Tidak ada komentar: